Game Hanoman

, ,

hanumanBaru-baru ini muncul game berjudul 'Hanuman: Boy Warrior'. Tetapi munculnya game ini malah menuai protes sebagian kalangan, khusunya bagi yang beragama hindu karena dinilai melecehkan tokoh utama Hanoman.


Seperti yang kita ketahui, Hanoman adalah salah satu nama dewa dalam kepercayaan agama Hindu, selain itu Hanoman juga tokoh dalam kisah Ramayana. Bahkan di India, Hanoman dipuja sebagai dewa pelindung dan beberapa kuil dikhususkan untuk memuja dirinya.

Game yang berasal dari India tersebut, tidak hanya menuai kontroversi dari masyarakat India saja tetapi dari masyarakat luas penganut agama Hindu di Amerika Serikat.

Salah satu pemuka masyarakat Hindu di Amerika, Rajan Zed, pun angkat bicara. Menurutnya, mengendalikan dan memanipulasi Hanoman menggunakan joystick, keyboard, mouse ataupun dengan pengendali lain dapat mencemarkan citra Hanoman.

Zed juga beranggapan bahwa dengan menempatkan Hanoman dalam video game berarti para gamer dapat mengendalikan sepak terjang tokoh yang amat dihormati oleh masyarakat Hindu tersebut. Untuk itu, dengan tegas Zed meminta Sony untuk segera menarik kembali game tersebut.


0 Responses on "Game Hanoman"

Posting Komentar